Senin, 16 September 2013

Tanda-Tanda Wanita Hamil Muda

Pada materi sebelumnya sudah dibahas 15 Tanda Ibu Hamil, nah untuk melengkapi pengetahuan ibu atau calon ibu ada beberapa tambahan tanda-tanda wanita hamil muda.

1. Perubahan bentuk tubuh – Selain perut yang membesar bagian tubuh lain seperti bokong, paha, lengan dan juga mengalami pembengkakan. 
2. Sembelit - Akibat peningkatan hormon progesterone yang bukan hanya mengendurkan otot-otot rahim, tapi juga mengendurkan otot dinding usus yang menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.
3. Sering meludah (hipersalivasi) – Hal ini disebabkan perubahan hormon estrogen yang terjadi pada kehamilan trimester pertama.
4. Sensitif pada bau – Umumnya ibu hamil sensitif terhadap bau, seperti aroma makanan yang dapat mengakibatkan mual dan muntah.
5. Gejala PMS – Gejala ini sama halnya seperti wanita telat bulan, seperti perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, dan meningkatnya nafsu makan.
6. Ada janin yang berkembang dalam rahim – Setelah dilakukan pemeriksaan USG, ada titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan.
6 point di atas merupakan tanda-tanda wanita hamil muda yang melengkapi materi sebelumnya. Tapi itu bukan patokan karena ada beberapa ibu hamil yang tidak merasakan semua ciri-ciri diatas, oleh karena itu sangat penting melakukan pemeriksaan kedokter ahli kandungan atau bidan setempat.

1 komentar: