Sabtu, 21 September 2013

Tips Wanita Hamil Muda Agar Tetap Sehat

Ibu yang sedang hamil muda sering mengalami perasaan campur aduk antara senang dan cemas. Kadang selama beberapa waktu disertai kelelahan, mual muntah dan tak jarang disertai resiko keguguran.
Oleh karena itu Ibu hamil muda harus memperhatikan asupan makanan untuk kesehatan dan keselamatan janin sertadirinya.

Tips Untuk Wanita Yang Sedang Hamil Muda
Beberapa tips wanita hamil muda yang harus diperhatikan:
1. Untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil muda
  • Hindari minum kopi – kopi sangat beresiko menyebabkan keguguran. Konsumsi makanan bergizi seimbang. Salah satunya suplemen asam folat mulai tiga bulan kehamilan direncanakan sampai kehamilan berusia tiga bulan (trimester pertama). Fungsi Asam folat untuk mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi (neural tube defects).
  • Jangan merokok - Rokok cenderung menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, mempenaruhi fungsi plasenta dan berisiko tinggi premature.
  • Sebelum ibu hamil lakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya infeksi sitomegalovirus, rubella, toksoplasma, dan herpes (TORCH). Bahkan jika dibutuhkan lakukan vaksinasi MMR untuk mencegah infeksi morbili (campak), mumps (gondongan), dan rubella (campak jerman).
2. Olah raga ringan untuk ibu yang sedang hamil muda
Jalan-jalan pagi di udara segar dapat memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh, dan membuat ibu tetap fit menjalani aktivitas sepanjang hari. Sinar matahari pagi mengaktifkan vitamin D dalam tubuh ibu hamil muda secara alami, yang baik untuk kesehatan tulang karena membantu penyerapan kalsium.
Persendian ibu hamil muda akan melonggar selama kehamilan untuk membantu tubuh mempersiapkan persalinan kelak, oleh karena itu jangan melakukan olah raga fisik yang kuat dan disarankan tidak melakukan olahraga lebih dari 30 menit.

3. Hubungan intim ibu hamil mud
Untuk ibu hamil muda sebaiknya frekuensi hubungan intim dikurangi untuk mengurangi resiko keguguran spontan. Posisi ketika berhubungan intim juga perlu diperhatikan, perut Ibu hamil muda jangan tertindih karena rahimnya masih lemah.
Nafsu seks ibu hamil muda bisa berubah, kadang menurun atau mungkin lebih tinggi akibat pengaruh hormonal dan meningkatnya aliran darah di seluruh tubuh, termasuk di daerah genital. Ibu hamil muda lebih menyukai kedekatan emosional dibandingkan hubungan intim, dan suami harus paham itu.

4. Kekhawatiran ibu hamil muda
Kenyamanan ibu hamil muda, ketenangan pikiran, dan mental berpengaruh pada janin sejak awal. Salah satu contoh jika perut ibu hamil terantuk sesuatu, tidak perlu panik karena janin tidak merasakan apa-apa. Dan Ibu hamil muda tidak perlu khawatir dengan posisi tidur, karena janin aman dalam rahim. Sebaiknya ibu hamil muda jangan terlalu khawatir secara berlebihan, jalani masa kehamilan dengan gembira.

Pantangan makan ibu hamil muda:
Hindari makan daging mentah atau setengah matang serta ikan mentah atau yang diasap untuk menghindari resiko kontaminasi bakteri listeria, parasit toksoplasma, atau salmonella.
  • Toksoplasma: parasit yang dapat menyebabkan infeksi yang berakibat buruk bagi kesehatan janin bahkan dapat menyebabkan keguguran ibu hamil muda.
  • Bakteri salmonella: ibu hamil muda yang terinfeksi bakteri ini akan merasakan sakit kepala, sakit perut, muntah dan demam tinggi. Biasanya tidak lebih dari 48 jam.
  • Listeria: berisiko bagi ibu hamil muda karena dapat menyebabkan keguguran, kelahiran mati, radang selaput otak (meningitis) untuk sang ibu, dan bahkan septikemia (infeksi berat dalam darah).
Mudah-mudahan tips untuk wanita hamil muda bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar